Cara memindah atau mengcopy Sheet pada Microsoft Excel pada lembar kerja yang sama



Sebelumnya sudah dibahas mengenai cara membuat buku kerja di Microsoft Excel dan caraMembuat Range Pada Microsoft Excel, pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas tutorial bagaimana cara “Memindah Atau Mengcopy Sheet Pada Lembar Kerja Yang Sama”. Pada bagian bawah sebelah kiri jendela kerja Microsoft Excel terdapat lembar-lembar kerja (Sheet) yang dapat diatur sesuai keperluan. Caranya sebagai berikut : 
            -          Arahkan mouse pada salah satu sheet yang diinginkan, kemudian klik kanan pada mouse.

            -          Maka akan muncul kotak dialog pilihan pengaturan sheet seperti gambar berikut :




  

     -        Dari kotak pilihan di atas dapat dilakukan pengaturan lembar kerja (sheet) sesuai keinginan dengan pilihan pengaturan :
a.       Insert : Untuk menambahkan atau menyisikan sheet baru.
b.      Delete : Untuk menghapus sheet yang dipilih.
c.       Rename : Untuk mengganti nama sheet.
d.      Move or copy : untuk memindahkan atau mengcopy atau menyalin sheet yang dipilih di dokumen Excel yang sama atau ke dokumen Excel lain yang berbeda.
e.        Tab color : Untuk memberi warna pada keterangan sheet yang dipilih.

1.        Memindah atau Mengcopy (Move or Copy) Sheet
a.       Memindah (Move) Sheet tertentu pada buku kerja atau workbook yang sama
Contoh :
Memindah sheet “NAMA” dari ujung kiri ke posisi sesudah sheet “UMUR” pada workbook yang sama.
 

 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Klik dan tahan tombol kiri mouse pada keterangan sheet “NAMA” yang ingin dipindah hingga muncul pada pointer mouse simbol gambar kertas
  • Sambil tetap ditahan tombol kiri mouse, geser pointer mouse bergambar kertas tersebut ke kiri hingga ke posisi antara sheet “UMUR” dan “Sheet4”. Setelah sampai keposisinya, lepas tombol kiri mouse yang ditahan tadi.

  • Sheet “NAMA” secara otomatis akan berpindah ke tempat dimana yang diinginkan tadi, yaitu berada sesudah sheet “UMUR” di workbook yang sama.

b.       Menyalin (Meng-copy) Sheet tertentu pada buku kerja atau workbook yang sama.
Contoh :
Menyalin atau mengcopy sheet “NAMA” pada workbook “DAFTAR NAMA SISWA” dan meletakkan copian-nya di posisi sebelum sheet “Sheet4” pada workbook yang sama.



 
Langkah-langkahnya :
-            Klik kanan mouse pada sheet “NAMA”, pada kotak pilihan, klik Move or Copy...




-            Kotak dialog More or Copy akan muncul seperti pada gambar berikut.



-       Pada kotak To book, pilih workbook atau buku kerja dimana copian sheet “NAMA” ingin ditempatkan. Disini pilih workbook “DAFTAR NAMA SISWA”. Selanjutnya, aktifkan tanda centang jika sheet yang dipilih, yaitu sheet “NAMA” ingin dicopy atau dibuat salinannya.
-            Pada kotak Before sheet, pilih sheet “Sheet4” jika jika ingin menempatkan copian sheet “NAMA” sebelum “Sheet4”, selanjutnya klik OK.
       Perhatikan gambar berikut :
 

 
-            Hasil copy sheet “NAMA” akan muncul dengan nama “NAMA(2)”, terletak sebelum “Sheet4”. Isi atau data pada sheet “NAMA(2)” sama dengan data di sheet “NAMA” sebelumnya.



 
Demikian Tutorial Lengkap Memindah Atau Mengcopy Sheet Pada Lembar Kerja Yang Sama, Semoga Membantu...

Comments

Popular posts from this blog

Analisis manual uji normalitas dan linieritas

Uji normalitas dan linieritas dengan menggunakan SPSS

Percakapan singkat lucu Bahasa Manggarai