Cara memindah atau mengcopy Sheet pada Microsoft Excel pada lembar kerja yang sama
Sebelumnya
sudah dibahas mengenai cara membuat buku kerja di Microsoft Excel dan caraMembuat Range Pada Microsoft Excel, pada kesempatan kali ini saya akan coba
membahas tutorial bagaimana cara “Memindah Atau Mengcopy Sheet Pada Lembar
Kerja Yang Sama”. Pada bagian bawah sebelah kiri jendela kerja Microsoft Excel
terdapat lembar-lembar kerja (Sheet) yang dapat diatur sesuai keperluan.
Caranya sebagai berikut :
-
Arahkan mouse
pada salah satu sheet yang diinginkan, kemudian klik kanan pada mouse.
-
Maka akan muncul
kotak dialog pilihan pengaturan sheet seperti gambar berikut :
- Dari kotak
pilihan di atas dapat dilakukan pengaturan lembar kerja (sheet) sesuai
keinginan dengan pilihan pengaturan :
a.
Insert : Untuk
menambahkan atau menyisikan sheet baru.
b.
Delete : Untuk
menghapus sheet yang dipilih.
c.
Rename : Untuk
mengganti nama sheet.
d.
Move or copy :
untuk memindahkan atau mengcopy atau menyalin sheet yang dipilih di dokumen
Excel yang sama atau ke dokumen Excel lain yang berbeda.
e.
Tab color : Untuk memberi warna pada
keterangan sheet yang dipilih.
1.
Memindah atau
Mengcopy (Move or Copy) Sheet
a.
Memindah (Move)
Sheet tertentu pada buku kerja atau workbook yang sama
Contoh :
Memindah sheet “NAMA” dari ujung kiri ke posisi
sesudah sheet “UMUR” pada workbook yang sama.
Langkah-langkahnya adalah sebagai
berikut :
- Klik dan tahan tombol kiri mouse pada keterangan sheet “NAMA” yang ingin dipindah hingga muncul pada pointer mouse simbol gambar kertas
- Sambil tetap ditahan tombol kiri mouse, geser pointer mouse bergambar kertas tersebut ke kiri hingga ke posisi antara sheet “UMUR” dan “Sheet4”. Setelah sampai keposisinya, lepas tombol kiri mouse yang ditahan tadi.
- Sheet “NAMA” secara otomatis akan berpindah ke tempat dimana yang diinginkan tadi, yaitu berada sesudah sheet “UMUR” di workbook yang sama.
b.
Menyalin
(Meng-copy) Sheet tertentu pada buku kerja atau workbook yang sama.
Contoh :
Menyalin atau mengcopy sheet “NAMA” pada workbook
“DAFTAR NAMA SISWA” dan meletakkan copian-nya di posisi sebelum sheet “Sheet4”
pada workbook yang sama.
Langkah-langkahnya :
-
Klik kanan mouse
pada sheet “NAMA”, pada kotak pilihan, klik Move or Copy...
-
Kotak dialog
More or Copy akan muncul seperti pada gambar berikut.
- Pada kotak To
book, pilih workbook atau buku kerja dimana copian sheet “NAMA” ingin
ditempatkan. Disini pilih workbook “DAFTAR NAMA SISWA”. Selanjutnya, aktifkan
tanda centang jika sheet yang dipilih, yaitu sheet “NAMA” ingin dicopy atau
dibuat salinannya.
-
Pada kotak
Before sheet, pilih sheet “Sheet4” jika jika ingin menempatkan copian sheet
“NAMA” sebelum “Sheet4”, selanjutnya klik OK.
Perhatikan gambar berikut :
-
Hasil copy sheet
“NAMA” akan muncul dengan nama “NAMA(2)”, terletak sebelum “Sheet4”. Isi atau
data pada sheet “NAMA(2)” sama dengan data di sheet “NAMA” sebelumnya.
Demikian Tutorial
Lengkap Memindah Atau Mengcopy Sheet Pada Lembar Kerja Yang Sama, Semoga
Membantu...
Comments
Post a Comment