24 Kunci sukses Paul J Meyer

Kesuksesan dalam hudup, bisnis atau pun karir yang telah dipilih merupakan dambaan bagi setiap orang. Langkah yang tepat dalam menyusun strategi, juga hidup penuh disiplin dan bertanggung jawab dalam tugas masing-masing merupakan kunci untuk meraih kesuksesan. 
Lantas apa yang menjadi Paul J Mayer menjadi Pengusaha Multi-Miliuner? Berikut adalah 24 kunci sukses yang telah dirangkum oleh Paul J Mayer dalam bukunya yang berjudul 24 Kunci SUKSES, Seri Kesuksesan, Keluarga Dan Iman. Siapa itu Paul J Mayer, baca selengkapnya : Tentang Paul J Mayer, seorang pengusaha Multi-Miliuner.



Sikap Andalah yang Menentukan
Sikap adalah kebiasan pikiran, jadi bila Anda ingin mengubah sikap, anda harus mengubah pola pikir. Sikap anda mendefenisikan diri anda, defenisi diri anda adalah satu fungsi dari pilihan spesifik yang anda ambil.

Menjalani Hidup dengan Sikap Bersyukur
Sejak lahir sampai mati, kita mengalami penghinaan, ditinggalkan, dimanfaatkan, dan diabaikan oleh orang lain, belum lagi hal-hal yang negatif yang biasa terjadi dalam kehidupan. Tetapi ketika semuanya dipandang dengan sikap bersyukur, maka kita sedang melatih diri untuk berfokus pada kebaikan dalam kehidupan.

Citra Diri Anda yang Positif
Cara Anda memandang diri Anda sendiri adalah cara orang lain akan memandang Anda. Satu unsur mutlak yang penting untuk mencapai kesuksesan adalah citra diri yang positif. Dunia beroperasi atas dasar hukum daya tarik : Siapa diri Anda dan apa yang Anda pikirkan akan menarik kondisi-kondisi yang sama. Bila anda mempunyai citra diri yang negatif, Anda menarik hasil-hasil yang negatif. Bila citra diri Anda positif, Anda menarik hasil-hasil yang positif.

Motivasi dalam Menetapkan Sasaran
Penetapan sasaran adalah aspek terpenting dari semua rencana perbaikan dan pengembangan diri. Itu adalah kunci kepada semua pemenuhan dan prestasi. Kepercayaan diri, tekad, dan ciri pembawaan diri seseorang berperan dalam kesuksesannya, tetapi semua itu bisa terfokus melalui penetapan sasaran.

Pilihan dan Konsekuensinya
Apa yang Anda pilih akan menjadi kehidupan Anda, mempengaruhi Anda dan setiap orang di sekitar Anda. Itu karena Anda mempunyai salah satu kekuatan terbesar di dunia: kekuatan pilihan.

Bila Anda Tidak Memiliki Disiplin, Anda Tidak Memiliki Apa-apa
Mengapa? Bila Anda tidak memiliki disiplin, tidak ada rencana yang akan terwujud. Dengan berdisiplin dalam menjalankannya, rencana yang besar dapat terwujud.

Pentingnya Prioritas
Waktu Anda tunduk kepada prioritas Anda, karena apa pun yang Anda pilih untuk Anda lakukan, akan dibutuhkan waktu untuk melakukannya. Namun, mengetahui prioritas Anda jelas merupakan pilihan yang terbaik. Ketika orang-orang tidak menetapkan prioritas, mereka akan sulit mengatakan tidak, bahkan ketika mereka tidak ingin melakukan sesuatu.

Perkataan Saya Adalah Surat Perjanjian Saya
Kata “ya” kita seharusnya berarti “ya” dan kata “tidak” kita seharusnya berarti “tidak”. Maka hasilnya adalah kepercayaan, pengharagaan, kemajuan dalam bisnis, pertumbuhan, ketenangan pikiran, dan masih banyak lagi lainnya. Bayangkan seperti apa jadinya dunia bila kita semua menepati perkataan kita.

Integritas : Itulah Diri Anda yang Sebenarnya.
Semuanya dimulai dari integritas. Bila satu-satunya yang anda miliki adalah integritas, Anda memiliki lebih dari cukup. Integritas bukanlah apa yang anda bayangkan. Integritas itu nyata dan terjangkau dan mencakup sifat seperti; bertanggung jawab, jujur, menepati kata-kata Anda, setia pada perkara yang kecil. Anda tidak dapat berpura-pura mempunyai integritas. Rintangan dan kesempatan baru yang Anda temui setiap hari akan mengungkapkan apa yang ada dalam diri Anda. Bila fondasi Anda adalah Integritas, keputusan yang Anda ambil akan membuktikannya. Bila tidak, itu juga akan terbukti.

Filsafat Kehidupan
Mengapa filsafat kehidupan itu perlu untuk kehidupan. 
Mempunyai alasan atas apa yang Anda lakukan, baik bersifat keuangan atau tidak, barulah setengah dari peperangan untuk menyelesaikan sesuatu. Membuat filsafat kehidupan Anda sendiri akan menolong memastikan bahwa Anda benar-benar melakukan apa yang ingin dan perlu dilakukan. 

Pengampuan Membawa Kebebasan
Pengampunan adalah untuk keuntungan Anda sendiri. Mengampuni bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan saat Anda sakit hati dan menderita, tetapi dalam jangka panjang, itulah satu-satunya arah yang harus Anda tuju. Walaupun marah, benci, dan tidak mengampuni lebih mudah bagi Anda, ini BUKAN jalan yang termudah. Jalan yang termudah akhirnya membawa paling banyak keuntungan, dan jalan itu selalu jalan pengampunan.

Menunggu Kekhawatiran
Berikut ini beberapa efek samping dari kekhawatiran :
Meragukan diri sendiri : Kemerosotan ini berfokus pada mengapa hal-hal tertentu tidak dapat dilakukan dan mengapa hal-hal lainnya dapat dilakukan.
Sedang-sedang saja : Orang-orang yang cakap menjadi orang-orang yang tidak mampu mencapai apa yang mereka cita-citakan.
Ketakutan : Ketakutan adalah musuh dari kesuksesan, damai sejahtra, kepuasan, kebahagian, sukacita, tawa, dan sebagainya.
Tidak ada kreativitas : Kebebasan untuk berkreasi dipadamkan oleh kekahwatiran.
Penyakit jasmani : Tubuh bereaksi negatif terhadap kekhawatiran dalam diri Anda.
Membuang-buang waktu : Sembilan puluh persen lebih dari apa yang Anda khawatirkan tidak pernah terjadi.
Intinya: Apakah Anda memperoleh keuntungan dari kekhawatiran? Jawabannya jelas “TIDAK”.

Menertawakan kehidupan.
Karena kita semua memandang hidup ini terlalu serius. Entah itu baik, buruk, atau menyebalkan, Anda sedadng menjalani kehidupan. Apa pun yang Anda lakukan, banyak hal yang terjadi tidak dapat Anda atur, kendalikan, perkirakan, atau cegah. Itulah kehidupan. Dari semua hal yang dapat Anda kendalikan, ada satu hal yang mempengaruhi setiap segi dalam kehidupan Anda, termasuk pada masa sulit. Itu adalah kemampuan Anda untuk tertawa. Bila Anda kehilangan kemampuan untuk tertawa, Anda kehilangan kemampuan untuk berpikir (Clarence Darrow). 

Kasih : Awal dari Kesuksesan
Kasih membawa kebebasan yang tak bisa dihentikan ketika kita belajar mengasihi seperti yang dikehendaki Allah. Kita tidak dapat mengharapkan setiap orang akan mengasihani kita sebagai balasan kasih kita kepada mereka. Kita harus belajar menghadapi penolakan, menyadari bahwa yang terutama dan terpenting adalah kita menaati Allah dan firman-Nya. Maka kita dapat berjalan dalam damai sejahtera, sehingga apa yang dikatakan dan dilakukan orang lain sama sekali tidak ada hubungannya dengan kita. Kasih mempunyai peran yang sang penting bagi kesuksesan Anda.

Kita Semua Mempunyai Derajat yang Sama
Pentingnya memandang orang lain setara dengan kita. Apakah ada orang yang dibesarkan di dunia yang tanpa prasangka, tanpa pembedaan warna kulit, tanpa pembedaan tingkat sosial ekonomi, tampa pembedaan jenis kelamin, dan tanpa pembedaan tingkat pendidikan? Apakah itu mungkin? Saya tidak akan percaya, kalau saya sendiri tidak dibesarkan secara demikian. Jangan biarkan sikap orang lain menghalangi Anda untuk memperoleh apa yang menjadi hak Anda. Bayangkan apa jadinya dengan dunia bila kita mewujudkan keyakinan bahwa kita semua mempunyai derajat yang sama.

Perjalanan Doa
Mungkin doa tampaknya kering, membosankan, dan tidak efektif, tetapi semakin saya berdoa, semakin saya menemukan kebenaran tentang kehidupan, tentang Allah, dan tentang diri saya, dan itu jauh lebih besar daripada yang semula saya bayangkan.

Mengembangkan Karunia dan Bakat Anda
Pelipatgandaan adalah suatu pola pikir yang akan menjadi kenyataan. Kalau orang-orang yang Anda tolong sekarang dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang dapat Anda lakukan, maka Anda tahu Anda telah melipatgandakan diri Anda. Potensi di balik pelipatgandaan akan kelihatan jelas bila pertumbuhan itu terus berlanjut. Bukankah itu yang dinamakan kesuksesan?

Itu Semua Adalah Hak Milik-Nya sebagai Sang Pencipta.
Orang-orang menghabiskan seumur hidup untuk mencapai tingkat kekayaan tertentu, dan kemudian mereka meninggal tanpa membawanya. Sia-sia saja. Kita hanyalah pengurus. Bahkan kesuksesan kita sebenarnya adalah kesuksesan-Nya, itu semua adalah hak milik-Nya sebagai Sang Pencipta.

Pekerjaan Saya Adalah Pelayanan Saya
Bila kita tidak setia dalam pekerjaan kita karena kita ingin “berada dalam pelayanan”, kita sedang merugikan Allah, dari kita, dan orang lain. Sebenarnya, saya percaya bahwa sebelum kita berlaku setia di tempat Allah menempatkan kita, kita tidak akan pernah siap mewujidkan impian kita.

Peran Pemimpin yang Benar
Bisnis akan lebih baik ketika para pemimpin megetahui peran mereka. Siklus dalam bisnis adalah melayani dan keuntungan yang diperoleh sebagai hasinya. Sebagai seorang pemimpin yang melayani, saya bertujuan untuk : Menyediakan-lebih dari sekedar uang, perlindugan-bagi mereka dan bagi Anda, berilah penghargaan-mereka pantas menerimanya, bisa dipercaya-ini suatu keharusan, berilah pengarahan-memberikan pimpinan, berikan pelatihan-mempersiapkan untuk kesuksesan, tempatkan orang-orang lebih tinggi daripada produk-berapa pun harganya. 

Kesuksesan yang Terbesar, Mengenal Allah.
Mempercayai Allah akan membuat Anda menghadapi dua pilihan yang tak dapat diwakilkan kepada orang lain. Keputusan pertama adalah yang terpenting: Apakah Anda mempercayai Allah sampai kekekalan? Apakah Anda mempercayai Allah dalam kehidupan sehari-hari? Mengenal Allah adalah kesuksesan terbesar.

Berjalan Bersama Kristus
Perjalanan seumur hidup yang tidak ada akhirnya. Apakah mengikuti Allah itu sulit? Itu tergantung pada defenisi anda tentang kata Sulit. Apakah ada harga yang harus dibayar untuk mengikuti Allah? Tentu saja. Apakah ada keinginan yang harus Anda lepaskan? Terus-menerus. Tetapi apakah memang sulit untuk mengikuti Dia? Jawabannya tegas; TIDAK.

Menemukan Kehendak Allah untuk Kehidupan Anda
Ada tujuh bagian dalam pencarian kita akan kehendak Allah yang saling berhubungan (seperti potongan teka-teki) yang harus dikumpulkan dan kebanyakan orang tidak berhasil menyusun bagian-bagian itu pada tempatnya. Dan bila Anda kehilangan satu diantaranya, teka-teki Anda menjadi tidak lengkap: Rencana besar, Kehendak-Nya, Firman-Nya, Menerima tanggug jawab, Menyerahkan kendali, Bahkan dalam masa sulit, Mempercayai Dia.

Bagaimana Saya Ingin Orang Lain Mengenang Saya?
Pepatah mengatakan bahwa bila Anda ingin mengetahui apa yang akan dibicarakan orang tentang Anda ketika Anda meninggal, tuliskan perkataan yang ingin tertulis di batu nisan Anda dan hiduplah dengan cara demikian. Kita akan diingat untuk apa yang benar-benar kita lakukan, bukan apa yang kita harap telah kita lakukan.  

Penutup 
Sekarang Anda tahu makna kesuksesan sejati. Apakah Anda membuka pintu-pintu kesuksesan di depan Anda? Apakah Anda akan masuk melaluinya untuk menemukan lebih banyak daripada yang dapat Anda bayangkan, pahami, dan impikan? Semua itu terserah Anda. Andalah yang harus memilihnya. Anda pasti dapat. Kalau Anda mau. 

Sumber : Paul J Mayer. Pengusaha Multi-Miliuner dan Penulis laris New York Times. September 2017. Penerbit: Andi (Anak Didik Imanuel), Bahasa Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis manual uji normalitas dan linieritas

Uji normalitas dan linieritas dengan menggunakan SPSS

Percakapan singkat lucu Bahasa Manggarai